Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus bertumbuh, hal ini terlihat dari data yang terus meningkat dari 4,88% di tahun 2015 dan diprediksi akan mencapai 5,1% – 5,5% di tahun 2018.

Namun, capaian ini belum cukup untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan kesenjangan ekonomi di Indonesia karena pertumbuhan ekonomi belum merata di seluruh bagian wilayah Indonesia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia berada di pedesaan yang pada umumnya bekerja sebagai petani, peternak atau nelayan. Sementara itu, tenaga kerja pada sektor pertanian sebesar 31,86 persen dari total jumlah penduduk bekerja di Indonesia.

Melihat proporsi jumlah tenaga kerja sektor pertanian yang besar, seharusnya sektor tersebut adalah sektor utama dalam program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Dengan demikian, upaya mensejahterakan petani akan sangat menentukan prospek ketahanan pangan nasional.

Berdasarkan hal tersebut dan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010 dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan bersama Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan serta Bidang Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Jakarta Food Security Summit (JFSS). JFSS ini merupakan kegiatan rutin tiga-tahunan dengan fokus pembangunan ketahanan pangan di Indonesia.

Tahun 2018 adalah penyelenggaraan JFSS yang ke-empat. Adapun tema penyelenggaraan JFSS-4 kali ini adalah a�?Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraana�?.

JFSS-4 akan terdiri dari dua bagian, yaitu seminar nasional dan pameran pangan nasional. Seminar akan melibatkan pemerintah dan berbagai narasumber yang ahli di bidangnya sebagai forum dialog dan transfer pengetahuan. Pameran pangan digelar sebagai media untuk memperkenalkan industri pangan mulai dari hulu hingga hilir kepada masyarakat luas.

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan pangan yang terus meningkat, bila tidak didukung dengan pertumbuhan ekonomi yang merata akan mengakibatkan sulitnya meningkatkan kualitas dan produktivitas komoditas pertanian secara menyeluruh di Indonesia.

KADIN Indonesia berharap, JFSS-4 ini dapat menciptakan kerjasama yang baik dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam melakukan aksi nyata memberikan terobosan dan rekomendasi kepada pemerintah untuk menciptakan kebijakan yang tepat, melalui modul kemitraan langsung dengan petani, dengan tujuan untuk mencapai pemerataan ekomomi dalam sektor pertanian, peternakan dan perikanan.