Jakarta Food Security Summit 4 (JFSS 4)

8-9 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC)
‘Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan’

Program utama JFSS 4 terdiri dari dua bagian, yaitu seminar nasional dan pameran pangan nasional. Seminar akan melibatkan pemerintah dan berbagai nara sumber yang ahli di bidangnya sebagai forum dialog dan transfer pengetahuan. Pameran pangan digelar sebagai media untuk memperkenalkan industri pangan mulai dari hulu hingga hilir kepada masyarakat luas.

Peserta yang hadir akan fokus merumuskan rekomendasi bagi penyediaan akses terhadap lahan pertanian, dimana petani diharapkan memiliki akses yang legal terhadap lahan, sesuai dengan skala ekonomi mereka. Pengembangan komoditas pangan juga direncanakan berlangsung berdasarkan klusterisasi dan zonasi.

Selain itu, dukungan pendanaan berkesinambungan dijembatani melalui penerapan skema inovasi pembiayaan yang membuka akses bagi para petani, peternak dan nelayan untuk mendapatkan pemodalan baik dari perbankan maupun lembaga keuangan nonbank. Kegiatan pendampingan dalam pengelolaan produksi dan distribusi hasil pangan, penyaluran pembiayaan oleh Koperasi yang kompeten dan transparan seluruhnya mendapatkan dukungan teknologi tepat guna berbasis teknologi informatika.